vacuum cleaner tanpa kantung

Apa Kekurangan Vacuum Cleaner Tanpa Kantung?

Memang vacuum cleaner tanpa kantung bisa dikatakan pilihan yang lebih populer dibandingkan dengan penyedot debu yang dilengkapi dengan fitur kantung. Akan tetapi, sesuatu yang populer belum tentu selalu menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Di balik segala kelebihan yang ditawarkan oleh penyedot debu ini, ada beberapa kekurangan yang sebaiknya tidak diabaikan sebelum membeli.

Risiko Terpapar Alergen Lebih Tinggi

Debu adalah salah satu tipe alergen yang membuat banyak orang memberikan reaksi alergi. Reaksi alergi lebih mudah dihindari ketika Anda menggunakan penyedot debu dengan kantung karena Anda tidak akan bersentuhan langsung dengan kumpulan debu dan kotoran dalam jumlah besar. Anda cukup melepas dan membuang kantung yang berisi debu untuk selanjutnya memasang kantung baru.

Lain halnya dengan saat Anda menggunakan vacuum cleaner tanpa kantung. Debu dan kotoran ditampung pada wadah yang menjadi bagian dari alat penyedot debu itu sendiri. Anda bisa dengan mudah melihat wadah ini penuh karena bahannya yang transparan.

Anda harus melepas wadah yang sudah penuh debu tersebut untuk dibuang dan dibersihkan. Nah saat proses pembersihan ini peluang Anda terekspos debu jauh lebih besar dibandingkan dengan proses pelepasan kantung penyedot debu yang penuh. Saat membuang isi wadah, bisa saja ada debu yang kembali terbang ke udara dan menimbulkan reaksi alergi.

Oleh karena itu, jika Anda memang memiliki riwayat alergi debu, penyedot debu tanpa kantung mungkin bukan pilihan yang tepat, kecuali Anda meminta tolong orang lain untuk membersihkan isi wadah penampungan debu dan kotoran di tempat yang jauh. Penyedot debu dengan kantung masih menjadi pilihan yang ramah bagi pemilik alergi.

Lebih Butuh Dirawat

Beberapa orang beranggapan bahwa penyedot debu tanpa kantung ini lebih kotor daripada penyedot debu dengan kantung. Ingat, debu dan kotoran akan dikumpulkan di dalam wadah penampungan yang wajib dibersihkan jika sudah terlihat penuh. Tak cukup dengan melepas wadah penampung, Anda masih harus membuang isi debu dan mencuci wadah tersebut sebelum bisa dipasang lagi pada alatnya.

Anda juga sebaiknya sangat berhati-hati ketika hendak mengosongkan wadah penampungan debu dan kotoran karena disarankan pembuangan dilakukan di luar rumah. Hal ini dilakukan agar alergen-alergen yang mungkin terkumpul dalam wadah penampungan tersebut tidak kembali masuk ke udara dalam ruangan saat proses pembersihan.

Apakah boleh abai membersihkan wadah penampungan debu dan kotoran pada penyedot debu tanpa kantung? Wadah penampungan yang sudah penuh wajib segera dibersihkan jika Anda tidak ingin debu-debu dalam wadah tersebut keluar dan kembali menghuni udara dalam rumah Anda saat alat penyedot debu digunakan. Dengan kata lain, Anda perawatan vacuum cleaner tanpa kantung memang harus lebih telaten jika tidak ingin fungsi penyedot debu tersebut terganggu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.