ilustrasi mesin kopi

Astoria Machine Espresso, Mesin Kopi Berkualitas Untuk Bisnis Coffee Shop

Astoria machine espresso merupakan alat pembuat kopi yang banyak digunakan oleh pebisnis coffee shop sukses untuk menghasilkan sajian kopi yang enak dan gurih. Selain mesin pembuat kopi, Astoria juga menyediakan grinder kopi elektrik yang semakin memudahkan barista dalam bekerja. 

Cara Menggunakan Astoria Machine Espresso

Cara menggunakan mesin kopi ini terbilang mudah. Bahkan orang awam pun bisa mempelajarinya dengan cepat. Bagi Anda barista pemula yang juga sedang belajar mengoperasikan mesin kopi dari Astoria, Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini:

  1. Memasang Filter

Pertama-tama siapkan kertas penyaring berkualitas untuk hasil kopi yang pas. Apabila mesin kopi menyediakan fitur filter. Anda bisa langsung menggunakan filter bawaan tersebut

  1. Menggiling Biji Kopi

Langkah selanjutnya dalam menggunakan astoria machine espresso adalah  menggiling biji kopi hingga mencapai tingkat konsistensi yang diinginkan.

  1. Menentukan Takaran

Kemudian tentukan takaran espresso yang dibutuhkan. Pastikan rasio air dan bubuk kopi memiliki ukuran yang tepat agar tidak terlalu cair maupun terlalu kental

  1. Seduh Biji Kopi 

Siram biji kopi dengan tekanan dan kecepatan air yang sama untuk menghindari proses ekstraksi air yang tidak merata

  1. Tamping Espresso

Untuk melakukan tamping, barista harus sudah memiliki pengalaman yang cukup. Barista harus bisa menentukan ruang yang cukup pada portafilter karena setelah dipadatkan, bubuk kopi yang disiram air tersebut akan semakin mengembang.

  1. Membersihkan Group Head dan Portafilter

Setelah  memadatkan kopi, bersihkan portafilter dan group head untuk menjaga kualitas kopi yang dibuat selanjutnya. 

  1. Ekstraksi

Langkah terakhir adalah melakukan ekstraksi kopi selama 30 detik untuk menghasilkan single shot espresso sebanyak 30 sampai 35 ml

Manfaat Menggunakan Astoria Machine Espresso Untuk Coffee Shop

  1. Dapat Membuat Kopi Dalam Jumlah yang Banyak

Menjalankan usaha coffee shop tentu harus siap dengan resiko dan tanggung jawabnya. Salah satunya ketika banyak pesanan kopi yang harus dibuat. Dengan menggunakan mesin kopi espresso, banyaknya pesanan kopi dapat segera teratasi.

  1. Pelayanan Lebih Cepat

Dibandingkan dengan membuat kopi secara manual, menggunakan mesin kopi espresso dari Astoria jauh lebih praktis dan cepat. Barista hanya perlu menekan beberapa tombol saja sembari melakukan pekerjaan yang lain.

  1. Bisnis Coffee Shop Semakin Produktif

Fitur terbaru yang dimiliki oleh mesin espresso otomatis ini tidak hanya memberikan kepuasan kepada pelanggan saja, barista pun akan lebih bersemangat dalam bekerja sehingga bisnis coffee shop yang dijalankan dapat berjalan lebih produktif

  1. Menghemat Pengeluaran

Meski dibandrol dengan harga yang lumayan mahal, Pebisnis coffee shop bisa menghemat pengeluaran jika dibandingkan dengan menggunakan mesin kopi yang harganya lebih murah namun cepat rusak. Mengganti mesin kopi abal-abal berkali-kali tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukan?

Bisnis coffee shop kini menjadi usaha kuliner yang sangat menjanjikan karena memiliki pangsa pasar yang luas. Untuk memulai bisnis coffee shop yang profesional Anda perlu menyiapkan budget untuk membeli mesin pembuat kopi berkualitas seperti astoria machine espresso agar bisnis Anda bisa berkembang dan sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published.