cicilan mobil baru

Kredit Cicilan Mobil Baru Melalui Leasing atau Bank? Simak Penjelasan di Bawah Ini!

Terdapat dua lembaga pembiayaan yang bisa memberikan kredit cicilan mobil baru yaitu leasing dan bank. Meskipun keduanya memiliki cara kerja yang mirip, tentunya terdapat beberapa perbedaan bukan? Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jasa pembiayaan, yuk simak pejelasan di bawah ini.

Persamaan Leasing dan Bank

Selain mempunyai peran dan konsep yang sama, baik leasing maupun bank sama-sama memberi syarat Down Payment (DP) minimal sebesar 30% dari harga jual mobil baru yang telah disepakati oleh penjual dan pembeli pada awal transaksi. 

Perbedaan Leasing dan Bank

Meskipun memiliki banyak kesamaan, tentunya leasing dan bank memiliki banyak perbedaan. Adapun perbedaannya antara lain yaitu:

  1. Dokumen

Menggunakan leasing jauh lebih mudah karena tidak memerlukan dokumen yang rumit dan dalam prosesnya terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir dan menyiapkan dokumen seperti KK, KTP dan slip gaji. Berbeda dengan leasing, bank memiliki syarat dokumen yang lebih rumit seperti slip gaji, akta kelahiran, KK, surat kelahiran dan dokumen penting lainnya. 

  1. Suku Bunga

Hal pertama yang yang membedakan keduanya adalah dari segi bunga. Leasing menawarkan suku bunga yang lebih besar bila dibandingkan dengan bank ketika melakukan kredit cicilan mobil baru.

Apabila anda menggunakan leasing dalam menolak dan ingin melunasi cicilan sebelum masa cicilan berakhir, maka akan dikenakan biaya penalti. Sedangkan bila menggunakan bank, anda bisa melunasi sebagian utang pokok untuk mengurangi beban angsuran.

  1. Proses Pengajuan kredit

Dari segi proses pengajuan pinjamannya, leasing dinilai lebih mudah karena akan dibantu dengan staff leasing dalam setiap prosesnya. Sedangkan untuk bank akan memakan waktu lebih lama, anda harus menunggu persetujuan kurang lebih 1-2 minggu lamanya. 

Kesimpulan

Demikianlah perbedaan mendasar kredit cicilan mobil baru. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk itu dengan adanya informasi ini anda lebih bijak dalam menentukan pilihan. Utamakan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan financial anda saat ini. Selamat mencoba dan miliki mobil baru impian anda dan keluarga.

Leave a Comment

Your email address will not be published.