Toko Kue di Jakarta Selatan: 4 Klasifikasi Bahan dalam Pembuatan Kue Indonesia

Apa itu kue? Kue adalah makanan yang dikonsumsi di samping makanan utama seperti nasi, lauk-pauk dan buah-buahan. Biasanya kue dijadikan sebagai makanan selingan atau hidangan saat pesta, pendamping minum teh dan lain sebagainya. Saat ini anda bisa dengan mudah menemukan kue incaran di toko kue di jakarta selatan.

Pengelompokan Bahan-bahan Pembuatan Kue 

Indonesia memiliki pengelompokan bahan pembuatan kue yang tentunya berbeda dengan pembuatan kue kontinental dan kue oriental atau kue modern. Berikut pengelompokan bahan pembuatan kue Indonesia, yaitu:

  1. Bahan pokok
  2. Bahan penambah rasa, aroma dan warna
  3. Bahan cair

Toko kue jakarta, untuk teknik penanganan untuk masing-masing bahan di atas tidaklah sama. Hal ini dikarenakan ketepatan dalam pemilihan bahan sangat berpengaruh pada hasil kue nantinya. Bahan-bahan yang umumnya digunakan dalam pembuatan kue, seperti tepung, umbi, gula dan santan.  

Klasifikasi Kue Indonesia 

Toko kue di jakarta selatan, adapun klasifikasi kue Indonesia yang harus anda tahu, diantaranya:

  • Berdasarkan jenis adonan

Secara umum, adonan dibagi menjadi dua jenis, yakni adonan padat dan cair. Adonan padat ialah jenis adonan yang memiliki konsistensi bahan padatnya dengan rasio lebih banyak dibandingkan dengan bahan cairnya, serta adonan juga dapat dibentuk atau dicetak menggunakan tangan. Adonan padat terdiri dari adonan padat beragi dan tidak beragi.

Sedangkan, adonan cair ialah adonan yang konsistensi bahan cairannya lebih banyak dibandingkan bahan padatnya, dan juga tidak dapat dibentuk menggunakan tangan. Adonan cair sendiri terdiri dari adonan cair beragi dan tidak beragi. 

  • Teknik pengolahan

Kue-kue di Indonesia, memiliki teknik pengolahan yang berbeda-beda, yakni dengan cara dikukus, direbus, dipanggang atau dibakar, di goreng dan di oven.

  • Berdasarkan rasa

Umumnya, kue Indonesia memiliki citra rasa manis, gurih dan asin tergantung dari daerah mana kue tersebut berasal.

  • Tekstur kue

Toko kue di jakarta selatan, ditinjau dari teksturnya, kue Indonesia mempunyai berbagai jenis tekstur, seperti kenyal (contoh, kue lapis santan dan lapis jongkong), lunak atau empuk (contoh, kue bolu), dan krispi (contoh kue kembang goyang).

Leave a Comment

Your email address will not be published.