1 kva berapa watt

1 KVA Berapa Watt, Begini Pembahasannya!

Sudah pernah dengar tentang satuan KVA? KVA merupakan satuan yang biasa digunakan untuk menghitung nilai listrik. Sebenarnya tidak banyak yang tahu tentang KVA, karena umumnya satuan nilai yang paling banyak digunakan berupa volt atau watt. Namun perlu diketahui, KVA juga sering kali digunakan pada bidang tertentu. 1 KVA berapa watt?

Pahami Persamaan KVA dan Watt

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, 1 KVA sama dengan 1000 VA. Namun perlu Anda pahami sebelumnya 1000 VA bukan berarti jumlahnya 1000 watt. Memang perlu diketahui, beberapa peralatan elektronik ada yang menghasilkan induksi magnetic. 

Induksi tersebut nantinya bisa menimbulkan daya kreatif atau bahkan malah bisa menghilangkan daya. Semakin banyak penggunaan komponen listrik yang menghasilkan induksi magnet, maka akan semakin besar pula daya reaktif yang perlu digunakan. 

I KVA sama dengan 1000 watt itu merupakan pernyataan yang salah, karena 1 KVA sama saja dengan 800 watt atau sekitar 0,8 kw. Selain penggunaan KVA dan Watt, ada juga istilah yang paling sering digunakan dalam listrik yaitu Kwn dan Kvar. 

Lalu 1 KVA berapa Watt?

I KVA memiliki nilai yang memang setara dengan 800 Watt atau sekitar 0,8 kw / kilowatt. Konversi KVA ke watt sendiri bisa dihitung secara manual dengan menggunakan rumus 1 KVA = 100 watt dibagi nilai faktor serta daya cos phi. Jika Anda memiliki 1 KVA, maka nilainya sama dengan 0,8 KW atau setara dengan 800 watt. Ketika memiliki daya listrik sejumlah 2 KVA, maka nilai KW-nya sebesar 1,6 dan nilai wattnya mencapai 1600 watt. 

Menggunakan metode seperti ini memang jauh lebih akurat. Mengapa demikian? Karena tidak semua KVA menggunakan nilai watt yang sama. Setidaknya Anda bisa menghitungnya sendiri dengan jenis satuan lainnya. Menggunakan metode konversi biasanya tidak akan menyulitkan proses perhitungan KVA ke satuan watt. Sudah paham dengan konsep 1 KVA berapa watt? Intinya metode perhitungan KVA harus diubah terlebih dahulu pada satuan kilo watt. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.