Ilustrasi buku

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Cetak Buku Tahunan

Masa sekolah memang merupakan masa yang memiliki banyak kenangan, salah satunya adalah masa SMA, salah satu cara untuk mengabadikan momen yang ada pada masa SMA adalah dengan harga cetak buku tahunan sekolah. Dimana seperti yang kita semua ketahui jika buku tahunan sekolah berisi informasi setiap siswa satu angkatan yang ada di sekolah tersebut.

Fungsi Buku Tahunan

Selain sebagai untuk menyimpan informasi mengenai biodata siswa yang ada di sekolah, harga cetak buku tahunan juga memiliki fungsi yang lain, sepert:

  • Tempat mengabadikan momen

Berbagai momen seru tentu sering terjadi selama masa sekolah, dan momen-momen yang tidak bisa diulang tersebut tentu saja layak untk selalu dikenang.

  • Pengingat

Tidak hanya berisi biodata para murid, dalam buku tahunan sekolah juga berisi informasi mengenai guru-guru yang mengajar sampai dengan tukang kebun bahkan ibu kantin.

Menyusun Buku Tahunan Sekolah

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum cetak buku tahunan sekolah, rangkaian hal ini tidak bisa dianggap sepele karena akan berpengaruh terhadap lama pengerjaan buku tahunan sampai dengan kualitas dari buku tahunan tersebut.

  1. Menentukan konsep

Konsep merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan sebuah buku tahunan, dengan memberikan konsep yang jelas kepada buku tahunan, maka pengerjaan proyek akan berjalan terarah dan jelas.

  1. Menentukan konten

Setelah tema atau konsep sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan isi dari buku tahunan sekolah tersebut. Secara umum, isi dari buku tahunan sekolah berisi mengenai:

  • Data sekolah
  • Biodata guru beserta staf sekolah terkait
  • Foto siswa
  • Foto lingkungan sekolah beserta kegiatan-kegiatan yang sedang berlangsung

Dari berbagai isi konten yang disebutkan di atas, foto siswa dan kegiatan selama di sekolah menjadi salah satu hal yang paling membutuhkan usaha, karena biasanya setiap kelas akan memiliki tema sendiri untuk foto mereka. Dan untuk kegiatan, harus dikumpulkan mulai dari ospek dan kegiatan lain yang pernah dilakukan.

  1. Menentukan spesifikasi buku

Langkah berikutnya adalah menentukan spesifikasi buku tahunan yang akan dibuat, mulai dari layout, warna, jenis kertas yang akan digunakan, sampai dengan fitur tambahan yang mungkin akan dimasukkan ke dalam buku tahunan sekolah tersebut seperti pop up, poster dan lain sebagainya.

  1. Timeline dan sesi foto

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan buku tahunan sekolah adalah mengenai timeline pengerjaan dan sesi foto yang harus dilakukan. Kedua hal ini akan sangat berhubungan, karena sesi foto harus dilakukan menurut jadwal yang telah dibuat, sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar, serta hasil yang didapatkan nantinya lebih maksimal dan tidak ada kurang ketika dilakukan proses editing dan proses harga cetak buku tahunan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.