ilustrasi pipa sch

Mengenal Lebih Dekat Pipa Besi Sch 40

Pipa besi tentu sangat dibutuhkan dalam berbagai jenis industri. Terdapat banyak pilihan pipa besi  salah satunya adalah pipa besi sch 40. SCH 40 adalah tanda dari spesifikasi pipa ini. SCH sendiri merupakan kependekan  dari schedule sedangkan 40 adalah ukuran teknis dari pipa ini.  

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pipa jenis ini. Anda perlu mengetahui beberapa istilah yang dekat dengan pipa besi ini. 

Apa itu Schedule 

Schedule merupakan istilah dalam piping yang mendeskripsikan ukuran ketebalan suatu pipa. Schedule merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan ketebalan dinding pipa. Tapi tolak ukur tersebut tidak mempunyai dimensi atau satuan sehingga diwakili dengan angka saja.

Nomor angka schedule tersebut menggambarkan ketebalan pipa, jadi semakin besar angka schedule, semakin tebal juga pipa  tersebut. Misal, pipa 2 inch schedule 40 pastinya  lebih tebal dibandingkan dengan nomor schedule di bawahnya seperti schedule 20, schedule 10 dan schedule 5, dan seterusnya. Dan pipa tersebut lebih tipis jika dibandingkan dengan sch 60, sch 80 dan seterusnya. 

Apa Itu Nomor Schedule?

Nomor schedule dideskripsikan sebagai nilai perkiraan ekspresi.  Angka yang tertera, schedule – 10, 20, 40  tersebut bukan menunjukkan ukuran dari ketebalan pipa, inside maupun outside diameter pipa. 

Angka nomer schedule tersebut merupakan perkiraan ukuran rasio desain tekanan untuk tegangan yang diijinkan pada pipa. Para engineer sudah merumuskan hal ini. Berikut ini hanya sebagai contoh perbandingan saja, misalnya pipa besi sch 40 mampu menahan pressure maksimal 40 barg, sedangkan pada ukuran pipa yang sama, dengan sch 20 hanya mampu menahan maksimal 20 barg saja.

Ukuran ketebalan pipa yang dikenal dengan istilah schedule ini Nomor angkanya sudah diatur dalam standar ANSI / ASME B36.10M dan API 5L. Ada sebelas nomor schedule, yaitu: schedule 5, 10, 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 140, dan sch 160. Semua nomor schedule tersebut memiliki dimensi yang sudah ditentukan dan dibuat berdasarkan standar yang berlaku.

Apa Itu Pipa Schedule 40

Pipa besi schedule 40 merupakan jenis pipa yang mempunyai karakteristik ketebalan yang ideal sehingga bisa diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan konstruksi dan bangunan, dari saluran gas hingga saluran air, serta untuk bahan konstruksi baja.

Pipa besi sch 40 ini kebanyakan digunakan di area industri dan gedung. Untuk industri, pipa digunakan untuk mengirimkan cairan untuk berbagai kebutuhan industri. Misalkan  cairan limbah, cairan bahan bakar, cairan produk ataupun cairan air bersih.

Untuk  gedung, pipa ini berfungsi untuk mengatur tekanan untuk distribusi air. Air untuk kamar mandi dan air buangan kamar mandi juga harus diatur tekanannya agar tidak menyebabkan masalah. Seandainya tekanan tidak dijaga, maka air buangan dari kamar mandi di atas gedung akan mengganggu aliran air buangan dari kamar mandi di level bawah gedung. 

Di artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai spesifikasi dan ukuran pipa besi sch 40. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.