ilustrasi genteng metal pasir anti bocor yang tetap kokoh

Cara Memilih Genteng Pasir Metal Berkualitas Untuk Atap Rumah Anti Bocor

Dalam perencanaan pembangunan rumah, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah saat pembuatan atap rumah. Diperlukan ketelitian dalam memilih genteng yang berkualitas untuk mencegah terjadinya kebocoran. Salah satu jenis genteng anti bocor yang kini semakin populer di Indonesia adalah genteng pasir berbahan metal. 

Selain anti bocor, genteng metal pasir juga memiliki desain, warna dan ketebalan yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Harga genteng metal pasir juga bervariasi sesuai dengan kualitas yang dimilikinya. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih genteng metal pasir terbaik, ya!

Lalu bagaimanakah cara memilih genteng metal pasir yang baik untuk atap rumah? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Memilih Genteng Metal Pasir yang Baik 

Berikut beberapa tips memilih genteng metal pasir yang baik dan berkualitas agar atap rumah bebas dari bocor:

  • Perhatikan Ketebalan Genteng

Karena genteng metal pasir memiliki ketebalan yang beragam, Anda sebaiknya memilih genteng dengan ukuran yang paling tebal. Hal ini dikarenakan ketebalan genteng sangat berpengaruh pada tingkat ketahanannya.

Semakin tipis sebuah genteng maka akan semakin mudah pula genteng tersebut mengalami kerusakan sehingga menyebabkan atap bocor. Genteng yang terlalu tipis juga tidak akan bisa menghalau hawa panas dengan baik.

  • Pastikan Memilih Genteng dengan Lapisan Pasir yang Kuat

Lapisan pasir yang ada di permukaan genteng lambat laun akan terkelupas karena terkena air hujan. Agar batuan pasir tersebut lebih tahan lama, pastikan Anda memilih genteng metal pasir dengan kualitas tinggi, misalnya dengan menggunakan genteng pasir bahan metal berbasis teknologi Jepang atau Eropa.

  • Pilih Genteng Dengan Desain Lekukan yang Tegas

Untuk menambah nilai estetika pada atap rumah, Anda perlu memilih genteng dengan desain atau model lekukan yang tegas. Dengan begitu Anda akan memiliki tampilan atap rumah yang indah dan elegan. Lekukan tersebut juga berfungsi untuk mencegah air hujan menggenang di atap rumah.  

  • Pastikan Membeli Genteng di Tempat yang Terpercaya

Untuk mendapatkan genteng kualitas premium, pastikan membeli genteng lewat distributor genteng yang terpercaya. Hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir kerugian akibat membeli genteng metal pasir dengan material kualitas rendah. 

Berapakah Kisaran Harga Genteng Metal Pasir?

Harga genteng metal pasir memang berbeda-beda tergantung merek, ukuran dan ketebalannya. Untuk genteng metal pasir ukuran 38.5 cm x 80 cm dengan tebal 0.35 mm harganya mulai dari Rp. 23.000 hingga Rp. 37.000. per lembar

Genteng metal pasir ukuran 77 cm x 80 cm dengan tebal 0.25 mm memiliki harga yang lebih mahal yaitu berkisar antara Rp 43.000 hingga Rp. 115.000 per satu lembar. Sedangkan untuk ukuran genteng metal pasir sebesar 85 cm x 40 cm dengan tebal 0.35 mm harga per lembarnya sekitar Rp 55.000 hingga Rp. 75.000. Anda bisa memilih genteng metal pasir dengan harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. 

Demikianlah cara memilih genteng pasir bahan metal yang berkualitas untuk atap rumah anti bocor. Jika Anda masih kebingungan untuk memilih merek genteng metal pasir yang tepat, Anda bisa meminta rekomendasi dari para ahli konstruksi atau supplier genteng resmi yang berpengalaman. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.